Benih Padi Hasil Penangkaran Mulai dipanen Petani

BANGKA SELATAN—Sejumlah produsen benih padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang melaksanakan kegiatan P3BTP (Pengembangan Petani Produsen Benih Tanaman Pangan) berbasis korporasi mulai panen. Proses panen yang dimulai sejak awal September 2021 lalu dilakukan secara bertahap dan diperkirakan kelar dua pekan ke depan.

Kelompok Tani (Poktan) Perintis Jaya 3 misalnya, telah panen seluas delapan belas hektar penangkaran benih awal bulan ini. Produsen benih yang beralamat di Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan itu mendapatkan banyak calon benih dari kegiatan perbanyakan benih padi melalui kegiatan P3BTP tersebut.  

“Tinggal tersisa dua hektar yang belum dipanen. Kami mulai panen sejak tanggal 1 September 2021. Yang kami tanam benih dasar dan hasilnya nanti menjadi benih pokok,” kata Ketua Poktan Perintis Jaya 3 Ariyanto kepada distan.babelprov.go.id di areal persawahan Desa Rias, Kamis (16/09/2021).   

Bapak dua anak yang biasa di sapa Mas Ryan itu mengaku produksi benih yang mereka panen melebihi prediksi. Ia berharap benih tersebut dapat memenuhi standar mutu agar dapat digunakan para petani lain pada musim tanam berikutnya nanti.

“Kami bersyukur karena seluruh proses dan tahapan penangkaran dikawal oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih (PSMB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Mudah-mudahan benih ini nanti lolos uji laboratorium sehingga dapat diedarkan dan ditanam oleh para petani yang lain,” harapnya seraya menambahkan rata-rata produksi sekitar enam ton per hektar.

“Enam ton itu kalau ubinan. Kalau timbang basah sekitar empat ton,” tambah Mas Ryan.  

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kardi SP selaku Pejabat Pembuat Komitmen Tanaman Pangan mengatakan kegiatan P3BTP merupakan upaya pemerintah untuk membantu produsen benih dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan produksi benih padi agar lebih berkualitas.

“Benih padi yang kita panen ini nanti diharapkan dapat memenuhi kebutuhan benih padi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sehingga untuk musim tanam berikutnya tidak perlu lagi kita datangkan dari luar kecuali kalau kurang maka kekurangannya itu yang kita datangkan dari luar,” kata Kardi di sela-sela monitoring kegiatan P3BTP di Kabupaten Bangka Selatan kemarin.

Menurut Kardi luas keseluruhan kegiatan P3BTP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencapai seratus hektar. Luasan tersebut tersebar di beberapa kabupaten, diantaranya Kabupaten Bangka Selatan sebanyak empat puluh hektar, Bangka Barat seluas tiga hektar, Kabupaten Bangka seluas tiga puluh hektar dan Bangka Tengah sebanyak dua hektar. Sementara untuk Kabupaten Belitung dan Belitung Timur masing-masing seluas sepuluh dan lima belas hektar.

“Sedangkan yang baru panen baru di Bangka Selatan. Untuk kabupaten yang lain masih dalam proses persiapan tanam,” tandas Kardi.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar