Berita Lintas Bidang // Terima Bantuan Sapi, Peternak di Empat Kabupaten diberikan Bimtek

PANGKALPINANG—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar workshop dan bimbingan teknis (bimtek) untuk peternak sapi. Workshop dan bimtek yang dilaksanakan secara marathon pada empat kabupaten itu masing-masing diikuti anggota kelompok peternak, penyuluh, aparat desa serta petugas dinas kabupaten yang menangani peternakan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Hj Nurhayati mengatakan peternak pada empat kabupaten yang mendapatkan workshop dan bimtek itu merupakan kelompok peternak yang telah ditetapkan sebagai calon penerima bantuan ternak sapi pada kegiatan penyediaan benih dan bibit ternak serta hijauan pakan ternak tahun 2021.

“Keempat kabupaten itu adalah Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung. Total yang menerima bantuan bantuan sapi sebanyak delapan kelompok dengan rincian tiga kelompok di Kabupaten Bangka, satu kelompok di Bangka Selatan, dua kelompok di Bangka Barat dan dua kelompok di Kabupaten Belitung. Setiap kelompok nantinya akan menerima bantuan sebanyak sepuluh ekor sapi betina,” kata Nurhayati melalui release yang diterima redaksi distan.babelprov.go.id, Rabu (14/07/2021) hari ini.

Dijelaskan Nurhayati kelompok peternak penerima bantuan sapi tersebut telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/440/DPKP/2021. Sebelumnya kelompok peternak tersebut terlebih dahulu diverifikasi tim teknis provinsi.

“Hasil verifikasi itu kemudian diusulkan kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung untuk ditetapkan. Verifikasi itu juga melibatkan tim teknis kabupaten. Tim teknis kabupaten nanti juga bertugas untuk melakukan pemantauan kegiatan, melaksanakan pendampingan serta mengawal dan melaporkan perkembangan kegiatan kepada dinas yang membidangi peternakan dan kesehatan hewan di kabupaten dengan tembusan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

Ditambahkannya workshop dan bimtek untuk kelompok peternak penerima bantuan dilakukan secara marathon. Workshop pertama dilaksanakan di Kabupaten Bangka pada tanggal 13 Juli 2021 yang dilanjutkan di Bangka Barat keesokan harinya. Untuk Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan giliran workshop dan bimtek pada tanggal 15 Juli 2021. Sementara untuk Kabupaten Belitung akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021. Narasumber workshop melibatkan pejabat fungsional pengawas bibit ternak dan pengawas mutu pakan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Workshop dan bimtek ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak mengenai manajemen pemeliharaan ternak yang baik karena calon penerima bantuan itu nanti harus berkontribusi aktif terhadap pelaksanaan kegiatan dan wajib melaporkan kegiatan kepada dinas kabupaten masing-masing secara berkala untuk diteruskan kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” tandas mantan Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu.*)

Sumber: 
Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan
Editor: 
Hairil Anwar