Citra Manis Gondol Uang Tunai 22 Juta Rupiah

PANGKALPINANG—Durian Citra Manis terpilih menjadi pemenang Kontes dan Bazar Durian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Sabtu (11/1/2020) hari ini. Durian lokal yang berasal dari Dusun Air Petaling Desa Penagan Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka itu meraup nilai 232,50 dan menyisihkan 226 peserta lain yang ikut kontes. Atas keberhasilannya tersebut Durian Citra Manis berhak mendapatkan uang tunai senilai 22 juta rupiah termasuk piagam dan trophy dari panitia.

“Selamat kepada para pemenang,” kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM usai menyerahkan hadiah di halaman Kantor Gubernur Kepulauan Bangka belitung.

Ada sejumlah kriteria yang dijadikan parameter oleh tim juri untuk menentukan pemenang kontes dan rasa menjadi kriteria utama.

“Rasa memiliki nilai yang tinggi. Kemudian ketebalan dan warna yang menarik. Selanjutnya bijinya kempes. Nah empat parameter inilah yang menjadi kriteria dalam penilaian,” kata Ketua Tim Juri Dr Panca Jarot Santoso.

Dr Panca Jarot Santoso merupakan tim juri yang berasal dari Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) TropikA Kementerian Pertanian yang beralamat di Solok – Sumatera Barat. Dalam menilai peserta kontes, Panca Jarot dibantu Ir Asril MM dari Pusat Perlidungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian dan Margiana Sari dari Yayayan Durian Nusantara.

“Jadi walau pun durian tersebut kelihatannya bagus, gemuk, montok begitu tetapi setelah kita cicipi rasanya kurang. Maka nilainya jadi rendah,” ujar Panca Jarot.

Sementara itu Ardiansyah mewakili Zaimi selaku pemilik Durian Citra Manis mengatakan bahwa durian miliknya itu memang memiliki keunggulan tersendiri.

“Buahnya itu kuning dan setelah itu ada lapisan lilin dari luar. Jadi kalau kita masukkan ke kantong tidak akan pecah,” kata Ardiansyah

Ardiansyah menuturkan bahwa Durian Citra Manis sangat disenangi pencinta durian. Menurutnya setiap kali musim durian tiba, Citra Manis selalu laris terjual.

“Harga jual sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah per buah,” tandas Ardiansyah.*)

Daftar Pemenang Kontes dan Bazar Durian Tahun 2020

Juara 1
Citra Manis (Penagan - Bangka)
 Rp 22 Juta

Juara 2
Rama (Rajik - Bangka Selatan)
Rp 17 Juta

Juara 3
Rocu (Kelapa - Bangka Barat)
Rp 13 Juta

Harapan 1
Cumande ( Air Mesu - Bangka Tengah)
Rp 10 Juta

Harapan 2
Bukit Tutoh (Pusuk - Bangka Barat)
Rp 7,5 Juta

Harapan 3
Si BB (Tuik Bangka Barat)
Rp 5 Juta

 

Sumber: 
BIDANG TPH - DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin