Dinas Pertanian Babel Gelar FGD LTT Padi

PANGKALPINANG—Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama stakeholders terkait menggelar Focus Group Discussion (FGD), Kamis (11/09/2020). FGD terkait peningkatan Luas Tambah Tanam (LTT) komoditas padi tersebut digelar di raungan rapat Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipimpin Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP.

Ada beberapa arahan yang disampaikan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP pada FGD yang juga dihadiri oleh Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ir Rahmanto MSc tersebut, terutama yang terkait dengan upaya dan langkah percepatan realisasi tanam padi dan jagung.

“Terdapat Rencana Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas tujuh ribu lima ratus hektar dan percepatan tanam di areal persawahan Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan untuk Indeks Pertanaman (IP) 300,” kata Juaidi.

Menurut Juaidi padi yang tertanam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditargetkan seluas 38.442 hektar hingga tahun 2022.  Target tersebut diiringi dengan taget produksi sebesar 103.793 ton.

“Sedangkan ketersediaan beras hingga tahun 2022 ditargetkan sebesar 50,23 persen,” ujar Juaidi seraya menambahkan bahwa sasaran luas tanam tersebut di seluruh kabupaten dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.*)

Sumber: 
DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Intan Fortuna Fachrawati SP | Han Arifin
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang PSP dan Penyuluhan
Editor: 
Han Arifin