Dorong Kinerja Sektor Pertanian, Ini yang dilakukan Dinas Pertanian Babel

PANGKALPINANG—Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan terus mendorong peningkatan kinerja sektor pertanian di Negeri Serumpun Sebalai. Dorongan tersebut dilakukan dalam upaya untuk memaksimalkan peningkatan produksi dan produktifitas komoditas berbagai sub sektor yang ada di tingkat lapang. Untuk itu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan berbagai hal, diantaranya berupa optimalisasi bantuan pemerintah, pembangunan infrastruktur pertanian dan pembangunan unit pengolahan hasil pertanian.

“Bantuan pemerintah itu banyak sekali, seperti bantuan benih, bantuan pupuk serta bantuan alat dan mesin pertanian termasuk infrastruktur untuk mendukung peningkatan produksi karena infrastruktur sangat berpengaruh terutama jaringan irigasi, jalan produksi, embung dan sumur pompa,” kata Juaidi.

Tak cuma itu, menurut Juaidi mendorong pembiayaan pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) juga menjadi bagian dari langkah dan upaya yang terus dilakukan termasuk Gerakan Pengendalian Organismen Pengganggu Tumbuhan (OPT) dan Dampak Perubahan Iklim (DPI).

“Kemudian kami juga lagi menumbuh kembangkan pembangunan unit pengolah hasil (UPH) yang jika berfungsi secara optimal maka UPH itu bisa langsung menjadi off taker atau menjadi pembeli. Jadi UPH lah yang nantinya membantu memasarkan produk-produk hasil pertanian,” ujar Juaidi.

Terkait dengan layanan Kesehatan hewan menurut Juaidi juga menjadi Langkah dan upaya yang terus didorong untuk dilakukan. Juaidi berharap Langkah dan upaya yang dilakukan pemerintah tersebut dapat memicu peningkatan kinerja sektor pertanian secara maksimal.

“Selain itu kita pun juga mendorong pengembangan pertanian keluarga, Gerakan diversifikasi pangan local dan melakukan pembinaan kepada petani dan penyuluh,” tandas Juaidi.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar