Durian Bangka Barat Dominasi Pemenang Kontes

PANGKALPINANG—Meski gagal menjadi pemenang utama, namun durian lokal Kabupaten Bangka Barat mendominasi pemenang Kontes dan Bazar Durian Tahun 2020 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (11/1/2020) hari ini. Dari enam peringkat juara yang diperebutkan, Bangka Barat mampu menempatkan tiga wakilnya dalam kontes durian terakbar di Negeri Serumpun Sebalai tersebut. Ketiga peringkat juara yang berhasil direbut Bangka Barat tersebut masing-masing adalah juara tiga, juara harapan dua dan juara harapan tiga.

Untuk juara tiga sendiri ditetapkan Durian Rocu dari Desa Kelapa Kecamatan Kelapa. Sedangkan untuk juara harapan dua dan tiga masing-masing jatuh pada Durian Bukit Tutoh Desa Pusuk Kecamatan Kelapa dan Durian SI BB dari Desa Tuik Kecamatan Kelapa. Atas keberhasilannya tersebut masing-masing peserta berhak membawa pulang uang tunai dari panitia. Durian ekstra misalnya, memperoleh uang tunai sebesar Rp 13 juta, sementara Durian Bukit Tutoh dan Si BB masing-masing mendapat 7,5 juta dan 5 juta rupiah.

“Untuk menilai lomba durian ini sangat sulit bahkan panitia pun kesulitan menentukan kapan lomba yang tepat karena yang hari ini datang belum tentu yang terbaik. Maka yang hari ini datang dan menjadi pemenang disyukuri sebagai rezeki tetapi yang belum menang jangan khawatir karena punya bapak ibu bisa jadi lebih baik,” kata Ketua Tim Juri Dr Panca Jarot Santosa.

Dr Panca Jarot Santoso merupakan tim juri yang berasal dari Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika Kementerian Pertanian yang beralamat di Solok – Sumatera Barat. Dalam menilai peserta kontes Panca Jarot dibantu oleh Ir Asril MM dari Pusat Perlidungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian dan Margiana Sari dari Yayayan Durian Nusantara.

“Kami juga tadi menilai sangat berat dan nilainya sangat mepet, beda nilainya nol koma saja,” ujar Panca Jarot.  

Citra Manis Juara Kontes

Citra Manis terpilih menjadi yang terbaik pada Kontes dan Bazar Durian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2020, Sabtu (11/1/2020) kemarin. Durian lokal yang berasal dari Dusun Air Petaling Desa Penagan Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka itu meraup nilai 232,50 dan menyisihkan 226 peserta lain yang ikut kontes. Atas keberhasilannya itu Durian Citra Manis berhak mendapatkan uang tunai senilai 22 juta rupiah termasuk piagam dan trophy.*)

Sumber: 
BIDANG TPH - DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin