Evaluasi Kinerja Satker, Juaidi Sebut Peran Penting Publikasi dalam Dukung Pelaksanaan Kegiatan

PANGKALPINANG—Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan publikasi memegang peran penting dalam mensukseskan setiap kegiatan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Menurut Juaidi program dan kegiatan yang dikerjakan secara baik tidak akan memberi penilaian yang  maksimal jika tidak dipublikasikan secara apik.

“Karena itu publikasi sangat penting. Sebagus apa pun kegiatan yang kita kerjakan tapi kalau tidak kita laporkan maka kita dianggap tidak kerja. Sekali lagi pelaporan kegiatan ini sangat penting termasuk juga publikasi,” kata Juaidi saat memberikan arahan ketika membuka rapat pimpinan (rapim) terkait monitoring dan evaluasi kinerja tahun 2021 di ruang rapat utama Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (09/07/2021).

Juaidi mengatakan hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun lalu tidak begitu menggembirakan. Karena itu ia mengingatkan semua penanggung jawab pelaksana kegiatan untuk memperbaiki sistem pelaporan secara baik sesuai dengan aturan.

“Terkait dengan evaluasi pelaksanaan kegiatan tahun 2020 perlu kita cermati karena beberapa jenis laporan kita di tingkat provinsi nilainya tidak begitu menggembirakan. Bukan berarti kita tidak bekerja namun proses pelaporannya dan kelengkapan dokumen yang tidak tersedia. Karena itu hal ini menjadi catatan kita. Ke depan tidak boleh lagi terjadi,” tegasnya.

Ia mencontohkan laporan reformasi birokrasi yang perlu mendapatkan perhatian semua organisasi perangkat daerah termasuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pasalnya kata Juaidi hasil penilaian itu bisa berdampak pada penilaian Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara nasional.  

“Maka dari itu saya minta dokumentasi-dokumentasi dan kelengkapan-kelengkapan di masing-maisng satker sedini mungkin disiapkan dan jangan menunggu akhir tahun karena nanti akan kelabakan. Maksud saya ketika kegiatan itu sudah dimulai dan dilaksanakan maka dokumentasinya sudah mulai diarsipkan, disiapkan dan dirapikan,” tandas Juaidi seraya menambahkan rapim yang digelar tersebut sangat penting dalam rangka memonitor kinerja setiap satuan kerja.

“Pekan depan akan dilaksanakan rapim terkait dengan capain kegiatan tahun 2021 semester satu maka pada kesempatan ini kita sama-sama berdiskusi mencermati perkembangan kegiatan yang ada di dinas kita ini. Termasuk juga kegiatan APBN yang juga ditanyakan langsung oleh jajaran eselon satu dan dua (Kementerian Pertanian). Untuk itu berdasarkan catatan yang dihimpun di perencanaan ada beberapa jenis laporan yang harus kita penuhi karena masih ada yang kosong dan masih ada yang belum dilaporkan. Sekali lagi laporan ini sangat penting,” tambahnya.

Sejumlah pejabat eselon tiga setingkat kepala bidang dan kepala unit pelaksana teknis hadir dalam rapim tersebut diantaranya Kepala Bidang Tanaman dan Hortikultura Irman Hasan SP, Kepala Bidang Perkebunan Haruldi SP MSi, Kepala Bidang Penyuluhan Ir Kemas Arfani Rahman, Kepala Bidang Peternakan Ir Hj Nurhayati, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Sulastri SP MM serta Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Asdianto SP MT. Sementara kepala unit pelaksana teknis yang hadir antara lain Kepala UPTD Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Ir Heri, Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Suzana Kartikasari SP dan Kepala UPTD Balai Benih Pertanian Drh Judnaidy. Sedangkan untuk jajaran esleon empat hadir seluruh kepala seksi dan kepala sub bagian lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.*)   

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar