Evaluasi Pendapatan Sektor Pertanian, Juaidi Sebut Tarif Retribusi Dapat disesuaikan

PANGKALPINANG—Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP melakukan evaluasi penerimaan retribusi jasa usaha dari sektor pertanian.

Evaluasi yang melibatkan unit pelaksana teknis lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan termasuk laboratorium kesehatan hewan itu digelar di ruang rapat utama Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (14/07/2021).

Tiga dari empat kepala unit pelaksana teknis lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hadir dalam rapat evaluasi tersebut, antara lain Kepala UPTD Balai Benih Pertanian Drh Judnaidy, Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman diwakili Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sukirno AMd serta Kepala UPTD Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Ir Heri. Selain itu hadir juga Kepala Seksi Kesehatan Hewan Drh Correy Wahyu Adi Sulistyo.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan evaluasi penerimaan retribusi tersebut dilakukan dalam rangka memaksimalkan pendapatan jasa usaha dari sektor pertanian.

“Kalau ada tarif yang perlu disesuaikan, silahkan disesuaikan apabila memang terlalu kecil. (Objek retribusi) yang masih kosong tolong dibuatkan tarifnya,” kata Juaidi.

Menurut Juaidi potensi penerimaan retribusi masih ada yang belum digarap. Karena itu ia minta objek retribusi tersebut dibuatkan tarif agar dapat dijadikan penerimaan daerah.

“Kemudian tolong juga dicermati Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Ada tidak peluang PAD (pendapatan asli daerah) kita dengan diberlakukannya Undang-Undang Cipta Kerja tersebut. Undang-Undang Cipta Kerja itu banyak PP (peraturan pemerintah) nya yang sudah diterbitkan, lebih dari lima puluhan termasuk juga mohon dicermati perda dan pergub yang bertentangan dengan Undang-Undang Cipta Kerja tersebut,” ujar Juaidi didampingi Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Erwin Krisnawinata STP MSi, Kepala Sub Bagian Umum Yusup SKM MSi dan Kepala Sub Bagian Keuangan Kurnia Alzulami SE MM.

Pada kesempatan itu Juaidi juga menyoroti penerimaan retribusi yang belum mencapai target pada sejumlah unit pelaksana teknis lingkup Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Menurut Juaidi penerimaan retribusi tersebut harus dikejar agar target yang ditetapkan dapat dipenuhi.

“Dengan demikian mudah-mudahan kita bisa membantu pemerintah dalam mendukung kekuatan anggaran,” tandasnya.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar