Gerbang Patas Upaya Dukung Penyediaan Pakan Ternak Berkualitas di Bangka Belitung

Oleh:

GUSVA YETTI SPt MM

Pengawas Mutu Pakan Muda pada Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

BERBICARA  ternak tak bisa lepas dari pakan. Pasalnya pakan sangat penting bagi tumbuh kembangnya ternak. Pemberian pakan bagi ternak bertujuan untuk mencukupi kebutuhan untuk hidup, tumbuh serta berproduksi dan reproduksi. Pakan yang diberikan harus dapat mencukupi kebutuhannya baik secara kualitas maupun kuantitas. Pakan dapat bersumber dari hijauan (rumput dan legum), konsentrat dan bahan suplemen lainnya. Hijauan yang diberikan sangat dianjurkan rumput unggul dan legum yang baik, tidak mengandung zat anti nutrisi, disukai ternak, ekonomis serta  tersedia di lapangan.

Pakan berperan penting bagi kelangsungan hidup ternak. Ketercukupan pakan baik secara kualitas maupun kuantitas akan berdampak pada pada tumbuh kembangnya ternak dan pada akhirnya akan ikut mempengaruhi peningkatan populasi ternak. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung peningkatan populasi ternak terus digenjot baik melalui peningkatan angka kelahiran maupun penggadaan betina sebagai pabrik penghasil pedet. Angka rata-rata peningkatan populasi saat ini yang cuma berkisar enam hingga sembilan persen per tahun dianggap masih yang sangat rendah sehingga belum mampu mencukupi kebutuhan akan daging dalam daerah.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagian besar peternak belum menggunakan pakan dan hijauan pakan yang berkualitas. Sebaliknya kebanyakan mereka masih   menggunakan rumput alam dan limbah pertanian. Padahal nilai gizi yang terkandung dalam rumput alam maupun limbah pertanian sangat rendah. Keterbatasan bibit hijauan yang tersedia menjadi penyebab masih seringnya rumput alam dan limbah pertanian digunakan peternak sebagai pakan selain kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat peternak penyedia pakan yang berkualitas.

Karena itu pemerintah terus berupaya membantu dan mendukung ketersediaan pakan ternak sebagaimana yang dilakukan Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung dengan memberikan bantuan bibit hijauan pakan ternak beserta pupuk untuk tiga belas kelompok yang menerima bantuan bibit sapi Tahun 2020. Kegiatan penanaman dan pengembangan hijauan makanan ternak ini dikenal dengan Gerakan Penanaman dan Pengembangan Hijauan Pakan Ternak Berkualitas atau disingkat Gerbang Patas.

Bantuan yang diberikan untuk tiga belas kelompok itu berupa bibit rumput gajah sebanyak 130 ribu stek, bibit indigofera sebanyak 20 ribu polibag, pupuk organic seberat 30 ton, pupuk an organik seberat 10 ton dan dolomit seberat 10 ton. Bantuan itu diberikan bersamaan dengan distribusi betina bibit sapi PO sebanyak 130 ekor yang tersebar di tujuh kabupaten dan kota se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diantaranya adalah di Kota Pangkalpinang sebanyak satu kelompok.  Kabupaten Bangka Tengah sebanyak dua Kelompok, Kabupaten Bangka sebanyak tiga Kelompok, Kabupaten Bangka Barat sebanyak dua kelompok, Kabupaten Bangka Selatan sebanyak dua Kelompok,  Kabupaten Belitung sebanyak dua kelompok dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak satu kelompok. Pelaksanaan kegiatan ini sendiri telah dimulai dengan pembukaan, pengolahan lahan, sebagian rumput gajah dalam proses penanaman. Pendistribusian bibit rumput, pupuk, dolomit juga sudah di drop ke lokasi kelompok. Selain untuk mempercepat progress pelaksanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan ini dilakukan lebih awal dengan pertimbangan curah hujan yang masih cukup banyak. Pasalnya, secara teknis penanaman rumput ini sangat disarankan ditanam pada musim hujan karena ketersediaan air cukup banyak yang sangat dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Terkait dengan teknis penanaman di lapangan, peternak akan didampingi oleh petugas seperti penyuluh, wastukan dan Koordinator setempat.

Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan penyediaan hijauan pakan ternak yang berkualitas di kelompok peternak dan dapat pula meningkatkan produktivitas sapi potong induk melalui pemberian pakan yang berkualitas (hijauan) sehingga pada akhirnya terjadi peningkatan populasi ternak yang berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan petani peternak di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.*)

Penulis: 
Gusva Yetti SPt MM
Sumber: 
DINAS PERTANIAN