Gubernur Erzaldi Minta BPS Sajikan Data Komoditas Strategis Pertanian Bangka Belitung Secara Detail

PANGKALPINANG—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM minta Badan Pusat Statistik (BPS) untuk menyajikan data yang lebih detail dan rinci terkait produksi dan produktifitas beberapa komoditas strategis pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Permintaan itu disampaikan Gubernur Erzaldi dalam Seminar Hari Statistik Nasional yang digelar BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/09/2021) hari ini.

Gubernur Erzaldi yang bertindak sebagai Welcome Speech pada seminar tersebut mencontohkan lada, sawit dan karet yang ia sebut sebagai komoditas strategis yang banyak berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai.

Menurut Gubernur Erzaldi penyajian data tersebut sangat penting dalam rangka melihat pengaruh komoditas tersebut terhadap kesejahteraan masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai.

“Misalnya pengaruh sawit berapa persen, pengaruh lada berapa persen dan pengaruh karet berapa persen dan pengaruh yang lain-lainnya itu berapa persen,” kata Gubernur Erzaldi pada seminar yang dilaksanakan secara online melalui video conference menggunakan aplikasi zoom yang dimoderatori Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP tersebut.

Karena itu BPS diminta menyajikan data ketiga komoditas strategis itu secara komprehensif. Dengan dukungan data tersebut lanjut Gubernur Erzaldi pemerintah daerah dapat membuat kebijakan startegis di sektor pertanian terutama terhadap ketiga komoditas tersebut.

“Sehingga ke depan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat mengambil satu kebijakan dan kebijakan itu sangat tergantung dari data yang disajikan BPS tersebut,” ujarnya.

Kepala BPS Republik Indonesia Dr Margo Yuwono berjanji segera menindaklanjuti permintaan Gubernur Erzaldi tersebut. Margo yang menjadi pembicara kunci pada seminar tersebut mengatakan BPS akan menyajikan data per komoditas yang lebih rinci sesuai keinginan Gubernur Erzaldi.

“Kita menyambut baik permintaan Pak Gubernur agar BPS menyajikan data yang lebih rinci,” kata Margo.

Sementara itu Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami SSi MSi mengatakan penyajian data komoditas strategis yang dimaksud Gubernur Erzaldi telah mereka tindaklanjuti dengan melakukan survey khusus komoditas lada. Survey tersebut sedang berproses dan akan segera dirilis dalam waktu dekat.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan segera kita lihat hasilnya,” kata Dwi Retno.

Selain Dwi Retno, Seminar Hari Statistik Nasional tersebut juga menghadirkan beberapa pembicara lain, diantaranya Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Dr Ir Antarjo Dikin MSc, Guru Besar FEM IPB Prof Dr Muhammad Firdaus dan Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Suharyanto SP MP. Sedangkan yang menjadi Panelis Dekan FPPB UBB Dr Tri Lesatri SP MSi dan Pemimpin Redaksi Bangka Pos Ibnu Taufik Juwariyanto SPsi.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar