Gubernur Erzaldi Minta Durian Klamunod dipercepat Menjadi Varietas Unggul Nasional

PANGKALPINANG—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM minta peredaran Durian Klamunod menjadi varietas unggul dapat dipercepat. Selain dapat memberikan nilai tambah bagi daerah, menurut Erzaldi dengan dipercepatnya durian unggul lokal asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu menjadi varietas unggul nasional juga dapat memberikan rasa bangga bagi masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai.

“Jangan sampai nanti durian kita ini diakui oleh orang lain,” kata Erzaldi dalam kunjungan kerja dan berdialog dengan kelompok pencinta durian di aula UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (05/08/2020).

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP, Sekretaris Dinas Pertanian Erwin Krisnawinata STP MSi, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Ir Heri MAP, Kepala Bidang Perkebunan Haruldi SP MSi, Kepala UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Dr H Wahyudi Himawan SSi MT dan Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Ujang SP.

Sementara itu dari kelompok pencinta durian hadir Johan Riduan Hasan, dr Ase Ardianto dan mantan anggota DPD RI dua periode Bahar Buasan.

Karena itu Erzaldi minta pihak terkait untuk mempercepat proses peredaran Durian Klamunod tersebut menjadi varietas unggul nasional. Ia berharap sebelum musim durian tiba tahun ini, Durian lamunod sudah resmi menjadi varietas unggul nasional.   

“Pak Erwin (Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung-red) segera konsepkan suratnya,” pinta Erzaldi.  

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi SP MP mengatakan Durian Klamunod telah resmi menjadi milik masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal itu ditandai dengan terbitnya Tanda Daftar Varietas Tanaman dari Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian Kementerian Pertanian Nomor 874/PVL/2018 tanggal 5 Desember 2018 yang lalu.

“Dengan terbitnya tanda daftar ini maka kita tidak perlu khawatir lagi karena Durian Klamunod resmi diakui milik masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan salah satu syarat untuk menjadi varietas unggul nasional itu adalah tanda daftar ini,” kata Juaidi.

Hal serupa juga disampaikan Kepala UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr H Wahyudi Himawan SSi MT. Menurut Wahyudi Durian Klamunod merupakan salah satu plasma nutfah yang tedaftar di Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian pada Kementerian Pertanian dan menjadi milik masyarakat Negeri Serumpun Sebalai.*)

Sumber: 
DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Amelia
Editor: 
Han Arifin