Harga TBS Kelapa Sawit Terus Menguat, Sentuh Angka Rp 2.527 Per Kilogram

PANGKALPINANG--Tim Pelaksana Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan rilis harga TBS bulan ini. 

Berdasarkan Berita Acara Hasil Rapat Penetapan yang dikeluarkan tim, harga TBS Kelapa Sawit di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus menguat. Kenaikan harga tersebut terjadi pada semua kelompok umur. 

Pada kelompok umur sepuluh hingga dua puluh tahun misalnya, harga TBS ditetapkan sebesar Rp 2.527, lebih tinggi dibandingkan harga bulan lalu Rp 2.285 per kilogram. Sementara untuk kelompok umur tiga dan empat tahun masing-masing sebesar Rp 2.092 dan Rp 2.170 untuk setiap kilogramnya.

“Harga TBS ini berlaku surut dari tanggal 01 September sampai dengan 30 September 2021,” demikian bunyi berita acara hasil rapat Tim Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diterima redaksi distan.babelprov.go.id, Rabu (08/09/2021) siang hari ini.

Berita Acara yang ditandatangani Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Perkebunan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ahmad Zainul Fikri SP selaku Ketua Tim Pelaksana Penetapan Harga Pembelian TBS itu juga menetapkan harga TBS untuk kelompok umur lima tahun sebesar Rp 2.250 dan enam tahun Rp 2.336 per per kilogram. Sementara untuk kelompok umur tujuh dan delapan tahun masing-masing Rp 2.457 dan Rp 2.500 per kilogram.

"Umur kelapa sawit sembilan tahun harga TBS Rp 2.506 per kilogram," rinci berita acara tersebut.

Harga TBS tersebut ditetapkan tim dengan memperhatikan informasi dan data yang disampaikan 14 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ditunjuk sebagai sumber data.

"Data yang dikirim oleh masing-masing perusahaan sebagai sumber data diolah oleh tim pengolah data," sambung berita acara yang ditandatangani tanggal 08 September 2021 itu.*

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
ekonomi.bisnis.com
Editor: 
Hairil Anwar