Kadis Pertanian Babel Dampingi Gubernur Erzaldi Buka Temu Tugas Peneliti dan Penyuluh

PANGKALPINANG—Peneliti dan penyuluh pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkumpul di Pangkalpinang, Selasa (04/05/2021) hari ini. Pertemuan yang bertajuk Temu Tugas Peneliti dan Penyuluh itu diinisiasi oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan dibuka secara resmi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM di Hotel Soll Marina Pangkalpinang. Turut mendampingi Erzaldi, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP. Turut serta Kepala Bidang Penyuluhan Ir Kemas Arfani Rahman. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP juga menjadi narasumber pada pertemuan tersebut.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM mengatakan bahwa peran penyuluh sangat vital dalam mendukung kegiatan usaha tani di lapangan. Karena itu menurut Erzaldi penyuluh pertanian mesti menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kemajuan pertanian di masa depan.

“Banggalah menjadi penyuluh. Penyuluh harus menjadi pionir dan garda terdepan kalau ingin memajukan pertanian dan peternakan kita,” kata Erzaldi.

Karena itu lanjut Erzaldi penting bagi penyuluh untuk terus meng-upgrade diri agar pengetahuan yang ia miliki terus bertambah dan bisa ditransfer kepada petani di lapangan.

“Penyuluh harus paham juga dengan teknologi. Sekarang sudah banyak teknologi digital. Kalau dulu sarjana pertanian cuma kenal tanaman, hama, bibit unggul, pupuk dan lain sebagainya tapi sekarang petani sudah harus bisa menjadi pilot. Pilot apa pilot drone,” ujar Erzaldi seraya minta para penyuluh yang hadir untuk terus meningkatkan kepercayaan diri.

“Penyuluh juga harus memiliki daya percaya diri yang tinggi terutama untuk para penyuluh yang masih baru karena tidak menutup kemungkinan ketika kita ketemu petani, petani (justru) merasa dirinya lebih hebat karena (merasa) telah pengalaman,” tambah Erzaldi.

Selain Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP, Temu Tugas Peneliti dan Penyuluh tersebut menghadirkan sejumlah narasumber antara lain Peneliti Utama dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) Prof Dr Ir Rubiyo MSi dan Penyuluh Pertanian BBP2TP Raden Dani Medionovianto Spt .*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar