Kadis Pertanian Babel Tinjau Pasar Murah di Tua Tunu

PANGKALPINANG—Setelah sukses dilaksanakan di Kelurahan Temberan dan Kelurahan Sungai Selan, Bazar Pangan Murah yang diinisiasi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung digelar di Kelurahan Tua Tunu Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang, Jumat (07/05/2021). Sejumlah paket sembako murah dijual kepada warga sekitar pada kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan Bazar Pangan Murah tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam rangka meringankan beban masyarakat terutama menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

“Bazar Pangan Murah ini dilakukan untuk membantu masyarakat menengah ke bawah mengakses pangan terutama menjelang Idul Fitri. Maksudnya dengan kegiatan yang seperti ini mereka yang ekonomi terbatas atau aksesnya terbatas bisa mendapatkan sembako dengan harga yang terjangkau,” kata Juaidi di sela-sela meninjau pelaksanaan Bazar Pangan Murah di lapangan sepak bola Kelurahan Tua Tunu Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang, Jumat (07/05/2021).

Turut mendampingi Juaidi, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Hj Sulastri SP MM dan Kepala Seksi Distribusi Harga dan Cadangan Pangan Bidang Ketahanan Pangan Ernawati SP 

Bazar Pangan Murah yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu bekerja sama dengan sejumlah distriburtor bahan pokok. Sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Temberan Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang dan Kelurahan Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah.

“Jadi istilahnya jemput bola. Pada Bazar Pangan Murah ini, pedagang yang mendatangi masyarakat yg kurang mampu untuk berbelanja,” ujar Juaidi.

Ia berharap masyarakat sekitar dapat terbantu dengan kehadiran Bazar Pangan Murah tersebut. Menurutnya pemerintah terus berupaya untuk membantu meringankan beban masyarakat guna mendapatkan sembako dengan harga yang sesuai.

“Ini (Bazar Pangan Murah-red) bentuk intervensi kita. Kemudian di  sisi lain melalui Bazar Pangan Murah ini kita juga ingin menghadirkan produk-produk lokal kita agar bisa dibeli oleh masyarakat dengan harga murah sekaligus juga membantu petani. Sebetulnya dua tujuan itu dilakukan Bazar Pangan Murah ini,” tandasnya.

Di sela-sela meninjau Bazar Pangan Murah, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP juga menyempatkan diri berbelanja sejumlah kebutuhan pokok di tempat tersebut.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar