Kepala Dinas Pertanian Babel Dampingi Gubernur Erzaldi Operasi Pasar Daging Sapi Jelang Idul Fitri

PANGKALPINANG—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP serta Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan operasi pasar ke sejumlah pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, Senin (10/05/2021) pagi.

Operasi pasar yang juga disertai Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Drs Anang Syarif Hidayat tersebut bertujuan untuk mengecek langsung ketersediaan dan harga bahan pokok penting menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah terutama harga daging sapi yang mengalami lonjakan harga di sejumlah daerah pada beberapa hari belakangan.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM mengatakan dari pantauan di lapangan tidak ditemukan adanya lonjakan harga kebutuhan pokok yang terlalu tinggi terutama daging sapi dan ayam.

“Pantauan kita untuk daging ayam (malah) lebih rendah dari pada HET (harga eceran tertinggi). Untuk daging sapi sementara ini ada yang naik ada juga yang sesuai HET. Jadi kita sudah melakukan operasi pasar di sini dengan harapan para pedagang dapat mengikuti harga sesuai dengan HET. Syukur-syukur bisa di bawah HET,” kata Gubernur Erzaldi kepada sejumlah wartawan usai melakukan sidak di Kawasan Pasir Pagi Pangkalpinang.

Sebagai informasi, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung telah mengeluarkan surat edaran terkait HET daging sapi dan ayam pedaging. Dalam surat edaran bernomor 510/029/Disperindag-IV itu disebutkan bahwa HET daging sapi di Pulau Bangka ditetapkan sebesar 135 ribu rupiah per kilogram dan 140 ribu rupiah per kilogram untuk Pulau Belitung.  Sementara untuk ayam pedaging dtetapkan 35 ribu rupiah per kilogram bulat dan 40 ribu rupiah per kilogram untuk karkas.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM berharap para pedagang dapat menjual daging sesuai dengan HET.

“Tadi kita jelaskan tolong diusahakan sesuai dengan HET dan harapannya dengan operasi pasar ini masyarakat kita bisa lebih terbantulah. Jadi kita bersama-sama lah dan berharap kepada pedagang jangan mengambil kesempatan (menaikan harga-red) di dalam momen seperti ini,” ujar Gubernur Erzaldi seraya memastikan ketersediaan daging sapi dalam kondisi cukup. Apalagi menurut Gubernur Erzaldi pemerintah telah mendistribusikan daging sapi dalam jumlah yang banyak terkait operasi pasar tersebut.

“Untuk di Bangka Belitung ini sekarang semua dalam kondisi tersedia. Khusus untuk operasi pasar (daging sapi) hari ini (di Pangkalpinang) ada 500 kilogram, di Muntok satu ton, di Bangka Induk 500 kilogram.  Rata-rata kabupaten - kota 500 kilogram. Kemudian di Belitung hari ini Polres Belitung bersama distributor (juga) melakukan operasi pasar bertempat di polres sendiri,” kata Erzaldi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan Operasi Pasar yang dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung bersama Tim Satgas Pangan merupakan upaya pemerintah untuk mengendalikan harga.

“Operasi pasar ini sebagai bentuk kebijakan pemerintah untuk mengendalikan harga. Jadi harga daging sapi dan ayam ini selama belum dikeluarkan surat edaran terbaru terkait dengan penetapam HET masyarakat menjual dua komoditi dengan harga yag beragam sehingga perlu diatur dengan penetapan surat edaran,” kata Juaidi.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar dan Gun Gun Gunara
Editor: 
Hairil Anwar