Khidmat, Lagu Kebangsaan Berkumandang Serentak di Kantor Dinas Pertanian Babel

PANGKALPINANG—Lagu Kebangsaan Indonesia Raya berkumandang serentak di setiap ruangan kerja Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (06/07/2021) pagi. Lagu ciptaan Wage Rudolf Supratman tersebut diperdengarkan tepat pukul 10.00 WIB sebagai tndak lanjut atas terbitnya Surat Edaran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 800/0432/BKPSDMD/2021 tanggal 30 Juni 2021.

Pelayanan public pun serentak dihentikan. Para ASN dan sejumlah warga yang sedang berurusan di kantor tersebut kemudian berdiri dengan sikap sempurna sembari mendengarkan lagu dari pengeras suara yang diputar dari ruangan sekretariat Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Mulai hari ini tepat pukul 10.00 WIB kita akan diperdengarkan lagu Indonesia Raya sehingga kami minta semua ASN untuk berdiri dengan sikap sempurna,” Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erwin Krisnawinata STP MSi saat memberikan arahan pada apel pagi, Selasa (06/07/2021).

Menurut Erwin lagu kebangsaan Indonesia Raya tersebut akan rutin diperdengarkan setiap hari Selasa dan Kamis. Tak Cuma itu, pada setiap hari Rabu dan Jumat juga akan dibacakan naskah Pancasila.

“Alhamdulillah kalau kita di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sejumlah ruangan telah kita pasang speaker. Lagu Indonesia Raya tersebut diputar dari ruangan secretariat dinas dan nanti langsung terhubung ke semua ruangan,” ujar Erwin.

Karena itu Erwin mengingatkan para ASN yang bertugas di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan untuk mengindahkan surat edaran itu. Menurutnya mendengarkan lagu Indonesia Raya serta membacakan naskah Pancasila itu merupakan amanat undang-undang.

“Seluruh pejabat dan pegawai yang melaksanakan tugas untuk berdiri tegak dengan sikap hormat (sikap sempurna) di ruang kerja masing-masing sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan,” tandas Erwin.*)   

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar