Kunjungi Tiga Desa di Bangka Selatan, Gubernur Erzaldi Bagikan Bibit Lada Gratis Kepada Petani

BANGKA SELATAN—Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM membagikan bantuan benih lada kepada petani lada di tiga desa dalam wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Senin (20/6/2020) hari ini. Bantuan benih yang diberikan secara cuma-cuma itu juga disertai dengan pembagian pupuk organik serta trichoderma.

Desa pertama yang disambangi mantan Bupati Bangka Tengah dua periode itu adalah Desa Paku Kecamatan Payung. Erzaldi yang turut didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP itu tiba di Desa Paku sekitar pukul sembilan pagi. Para petani lada yang telah sejak pagi menunggu kedatangan Erzaldi dan rombongan kemudian menggelar pertemuan dan tatap muka di Gedung Olahraga Desa Paku sembari mendengarkan arahan terkait paket bantuan benih dan cara budi daya tanaman lada. Di desa ini terdapat enam kelompok tani yang mendapatkan paket bantuan.

“Insya Allah bibit lada yang kami bagikan ini adalah bibit lada yang baik dan sudah bersertifikat,” kata Erzaldi di hadapan para petani.

Turut hadir Kepala UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr H Wahyudi Himawan SSi MT, Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Haruldi SP MSi, Kepala Bidang PSP dan Penyuluhan Asdianto SP MT, Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Ujang Djohan SP dan Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Suharyanto.

Sekitar dua jam berada di Desa Paku, Gubernur Erzaldi dan rombongan kemudian melanjutkan kunjungan kerja ke Desa Pangkalbuluh Kecamatan Payung. Di hadapan petani lada Desa Pangkalbuluh Gubernur Erzaldi kembali memacu semangat para petani untuk tetap bertanam lada. Di Desa Pangkalbuluh sendiri petani lada yang mendapatkan paket bantuan sebanyak dua kelompok.

“Karena tantangan kita ke depan ini tidak cuma harga. Siapapun yang mau bertanam lada kita bagikan benih lada secara gratis,” ujar Erzaldi seraya mengingatkan para petani agar menanam lada sesuai anjuran dan budidaya yang benar.   

“Jangan tanam sebelum mendapatkan penyuluhan dari penyuluh. Jangan dibagikan dulu (benih lada) sebelum petani mendapatkan penyuluhan karena semua bantuan yang diberikan ini harus ditanam sesuai dengan aturan,” tambah Erzaldi sebelum meninggalkan Desa Pangkalbuluh.

Kunjungan kerja Gubernur Erzaldi kemudian ditutup dengan arahan dan penyerahan bantuan benih lada, pupuk organik dan trichoderma kepada petani lada di Desa Sebagin Kecamatan Simpang Rimba. Jumlah kelompok tani yang menerima paket bantuan di Desa Sebagin sebanyak tujuh kelompok.*)

Sumber: 
DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin