Melalui KUR, Kementan Akan Bantu 1500 Ekor Sapi Untuk Peternak Tunas Baru

BANGKA TENGAH—Kementerian Pertanian akan membantu sebanyak 1500 ekor sapi untuk Kelompok Peternak Tunas Baru di Kelurahan Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah. Bantuan sapi yang akan diberikan kepada peternak tersebut menggunakan dana kredit usaha rakyat (KUR) tanpa agunan dengan bunga yang rendah.

“Bapak Menteri Pertanian ada program KUR. Ada (dana) 50 triliun rupiah yang akan dibagikan di seluruh provinsi. Jadi satu provinsi (dapat) satu triliun. Jadi jangankan 1500 tapi 2000 ekor pun siap,” kata Kepala Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr Ir Fadjry Djufry MSi ketika memberikan sambutan saat mendampingi anggota Komisi IV DPR RI pada kunjungan kerja di Kampung Integrasi Sawit Sapi Kelompok Peternak Tunas Baru di Kelurahan Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (4/3/2020).

Sebelumnya Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi SH ketika berkeliling meninjau areal peternakan di Kelompok Tunas Karya diminta peternak untuk menambah jumlah sapi untuk kelompok tersebut dan ketika itulah muncul usulan bantuan 1500 ekor sapi untuk kelompok ternak itu. Jumlah sapi yang dimiliki Kelompok Peternak Tunas Karya Saat ini sebanyak 208 ekor.

Turut hadir dalam kunker tersebut, Kepala Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr Ir Fadjry Djufry MSi, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr Ir Atien Priyanti Sudarjo Putri MSc, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Ir Sjafaruddin PhD serta Direktur Perbibitan dan Produksi Tenak pada Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Sugiono MP.

Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung Drs H Abdul Fatah MSi berkesempatan menerima langsung serta mendampingi kunker anggota Komisi IV tersebut ke Kelurahan Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah. Turut serta bersama Wagub Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP, Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir Hj Nurhayati dan Kepala UPTD Balai Benih Pertanian Drh Judnaidy.

Fadjry Djufry mendorong para peternak untuk memanfaatkan dana tersebut. Menurutnya, selain bunga rendah proses pencairan dana tersebut sangatlah mudah.

“Cukup pakai KTP saja dengan dengan persetujuan kepala dinas pertanian dan kabupaten tentunya. KUR itu bisa 50 juta per orang tanpa agunan,” ujar Fadjry Djufry seraya menambahkan bahwa sapi yang dimiliki para petani tersebut juga akan diasuransikan.

“Ada asuransinya, kalau mati ditanggung asuransi diganti 10 juta rupiah. Jadi tidak ada ruginya. Premi asuransi itu 40 ribu rupiah ditanggung oleh pemeritah provinsi dan 160 ribu rupiah dibayar oleh Kementerian Pertanian,” tambah Fadjry Djufry.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi SH mengapresiasi program KUR Kementan dalam rangka membantu mengembangkan peternakan sapi.

“Berarti kalau 50 juta dapat (beli) delapan ekor dan sisanya untuk pakan. Nanti setelah sapi punya anak baru boleh bayar cicilan. Berarti tahun kedua baru bayar. Bunganya rendah sekali,” kata Dedy.*)

Sumber: 
BIDANG PETERNAKAN DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin