Mentan Sebut Empat Komponen yang Dapat Memajukan Sektor Pertanian

BANGKA SELATAN—Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MH mengatakan sektor pertanian dapat maju dan berkembang apabila ditopang oleh empat komponen.

Komponen pertama kata Mentan adalah kondisi dan status lahan pertanian yang digunakan untuk usaha tani harus bebas dari sengketa.

“Lahan harus clear dan tidak boleh ada sengketa apapun di dalamnya dan selalu dengan niat yang baik,” kata Mentan ketika memberikan sambutan usai melakukan panen raya padi sawah di areal persawahan Desa Rias Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (08/08/2020) sore.

Ikut serta mendampingi Mentan, Dirjen Tanaman Pangan Dr Ir Suwandi MSc, Dirjen Hortikultura Dr Ir Prihasto Setyanto MSc, Dirjen Perkebunan Dr Ir Kasdi Subagyono MSc, Dirjen Sarana Prasarana Pertanian Dr Sarwo Edhy SP MM dan Kepala Badan Karantina Pertanian Ir Ali Jamil MS PhD

Selain itu hadir pula Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat dan Komandan Korem 045/Garuda Jaya Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto.

Bupati Bangka Selatan Dr Ir Drs H Justiar Noer MSi MM BAE juga hadiri, diikuti Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi SP MP, Kepala Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir Ahmad Damiri, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Drh Suhadi, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura pada Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ir Heri MAP, Kepala Bidang Perkebunan Haruldi SP MSi, Kepala Bidang PSP dan Penyuluhan Asdianto SP MT, Kepala UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Dr H Wahyudi Himawan SSi MT, Kepala UPTD Balai Proteksi Tanaman Ujang SP dan Kepala UPTD Balai Benih Pertanian Drh Judnaidy.

“Yang kedua selalu harus ada air. Oleh karena itu manajemen air menjadi sangat penting. Perlu ditata airnya dimana sekundernya, dimana primernya, dimana tersiernya, dimana kwarternya, dimana irigasi cacing yang ada sehingga tiga kali (panen) betul-betul termanfaatkan. Selain itu juga harus ada pompa air,” ujar Mentan seraya menambahkan bahwa komponen ketiga untuk mendukung kemajuan pertanian adalah mekanisasi teknologi.

“Dan yang terakhir adalah Sumber Daya Manusia, artinya kemampuan petani harus ditingkatkan dan di sini peran kostratani melalui PPL yang harus ditingkatkan,” tandas Mentan.*)

Sumber: 
DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin