Permudah Pasarkan Produk, Komoditas Pangan Lokal Babel diinventarisasi

PANGKALPINANG — Komoditi pangan lokal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diinventarisasi. Inventarisasi komoditas tersebut dibagi dalam beberapa kelompok diantaranya, kelompok hewani, nabati dan pangan olahan. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan pengelompokkan komoditas pangan lokal tersebut dilakukan dalam rangka membantu petani memasarkan produk komoditas lokal yang mereka produksi.

"Pemasarannya nanti melalui Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center. Karena itu kita harus mengidentifikasi sumber produsennya di mana dan jangan satu, paling tidak dua. Tinggal kita bantu pasarkan," kata Juaidi memberikan arahan saat memimpin rapat pemantapan pengelolaan Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center, di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka, Senin (13/09/2021).

Hanya saja Juaidi mengingatkan komoditas yang dipasarkan nanti betul-betul aman dikonsumsi. Untuk itu ia mengatakan komoditas pangan yang diproduksi harus bersumber dari produsen pertama.

"Sekali lagi ini produk harus kita dapat dari sumber awalnya. Jangan dari pihak-pihak lain karena kita ingin membantu petani. Dan petani yang memproduksi itu nanti kita dampingi bagaimana memproduksi barang yang bagus dengan merek yang sesuai kebutuhan dan lain-lain," ujar Juaidi.

Menurut Juaidi memasarkan produk aman konsumsi menjadi tanggung jawab semua pihak. Dengan demikian ia berharap pasar pertanian yang higienis betul-betul akan terwujud.

"Jadi kita mendorong pasar pertanian yang higienis, modern dan aman. Kita harus jamin bahwa produk yang kita pasarkan keamanan pangannya terjamin. Termasuk juga misalnya ada sayur organik yang telah dilabeli prima tiga," tandas Juaidi.

Turut hadir dalam rapat tersebut Kepala Bidang Ketahanan Pangan Sulastri SP MM dan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Asdianto SP MT.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi
Editor: 
Hairil Anwar