Petani Sawah Desa Kemuja diberikan Pembekalan Teknis

BANGKA—Petani sawah di Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka diberikan pembekalan teknis. Kegiatan pelatihan yang digagas Pemerintah Desa Kemuja bekerjasama dengan Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu dimaksudkan untuk memotivasi kembali semangat dan kinerja petani setempat dalam mengelola usaha tani padi sawah.

“Kegiatan pelatihan dimaksudkan dalam rangka meningkatkan motivasi dan pemberdayaan petani sawah di Desa Kemuja yg akhir-akhir ini agak mengendur akibat kurangnya pembekalan teknis terkait usaha tani padi sawah. Oleh karena itu Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian memfasilitasi pelatihan tersebut dengan pembekalan teknis melalui pemberian materi teknis dan praktek lapang,” kata Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Ir Kemas Arfani Rahman melalui rilis yang diterima distan.babelprov.go.id, Jumat (17/09/2021).

Kemas mengatakan kegiatan pelatihan yang melibatkan puluhan petani tersebut digelar selama empat hari dan berakhir tanggal 16 September 2021 kemarin. Berbagai materi terkait usaha tani padi sawah diberikan kepada para petani oleh sejumlah narasumber yang kompeten, seperti perbenihan disampaikan Kepala UPTD Pengawas dan Sertifikasi Mutu Benih Dr Wahyudi Himawan SSi MT serta Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman oleh Fetty Nilwani SP dan Adriotama SP.

“Kabid Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian memberikan materi non teknis dan teknis, materi non teknis terkait motivasi dan teknis terkait persiapan lahan dalam rangka pengolahan lahan dan pengairan. Materi penanaman dan praktek lapang diberikan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Wilayah I (Bangka, Pangkalpinang dan Bangka Barat) Bapak Priyono SP dibantu oleh Penyuluh BPP Kecamatan Mendo Barat. Terakhir materi terkait Panen dan Pasca Panen melalui Sistem Good Handling Practices (GHP) oleh Bu Dewi Indah Cahyani SP MM,” ujar Kemas.

Kemas berharap para petani yang mendapatkan pembekalan teknis tersebut dapat mengaplikasikan materi di tingkat lapang. Mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka dan Bangka Barat itu optimis kinerja para petani akan meningkat hingga berdampak pada produktifitas usaha tani ke depan.

“Mudah-mudahan semangat para petani akan bangkit kembali sehingga ke depan usaha tani padi sawah di Desa Kemuja akan menjadi lebih baik dan berhasil,” tandas Kemas.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar