Sambut Kedatangan Mentan SYL ke Bangka Belitung, Sejumlah Skenario disiapkan

PANGKALPINANG--Sejumlah skenario disiapkan untuk menyambut kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) Dr H Syahrul Yasin Limpo SH MH (SYL) ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akhir Juli 2021 nanti. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan skenario yang dsiapkan tersebut merupakan antisipasi apabila nanti terjadi perubahan jadwal dan waktu pada beberapa acara pokok yang telah disiapkan sebelumnya.

"Perjalanan Pak Menteri dari Bandara ke Muntok butuh waktu sekitar dua jam. Setelah dari Muntok kemudian agenda berikutnya Pak Menteri ke Balai Benih Pertanian untuk launching kredit usaha rakyat (KUR) dan perjalanan yang ditempuh juga sekitar dua jam. Jadi kalau kedua agenda itu dipaksakan satu hari rasanya tidak mungkin," kata Juaidi ketika memimpin rapat pemantapan panitia dalam rangka menyambut kedatangan Mentan SYL ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di ruang rapat utama Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (15/07/2021) sore. 

Sebagaimana diwartakan distan.babelprov.go.id edisi Senin 12 Juli 2021,  Mentan SYL dijadwalkan berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akhir bulan ini. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu datang ke Negeri Serumpun Sebalai untuk menghadiri panen raya durian pada tanggal 29 Juli 2021 di Desa Air Belo Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat. Tak saja panen raya durian, kehadiran Mentan SYL di Kepulauan Bangka Belitung juga sekaligus untuk menghadiri launching KUR sejumlah komoditas pertanian seperti tanaman porang, jahe merah dan domba. Launching KUR tersebut rencananya dilakukan di kawasan areal Balai Benih Pertanian di Dusun Air Pelempang Desa Air Buluh Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka.

Ikut hadir dalam rapat kepanitiaan tersebut Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Burhanuddin SSos MSi, Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Suharyanto SP MP, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Irman Hasan SP, Kepala Bidang Perkebunan Haruldi SP MSi, Kepala Balai Benih Pertanian Drh Judnaidy, Kepala UPTD Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Ir Heri, Kepala Bidang Peternakan Ir Hj Nurhayati, Kepala Seksi Hortikultura Maryadi SE MSi, Kepala Seksi Sertfikasi Mutu Benih Budi Jaya Santosa SP, Kepala Seksi Sarana Prasarana UPTD Balai Benih Pertanian Ir Muhamad Iqbal dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Balai Benih Pertanian Jamaludin SE MSi. 

Selain itu hadir juga perwakilan Bank Sumsel Babel Cabang Pangkalpinang, pelaku usaha tanaman porang, jahe merah dan domba serta pejabat fungsional pengawas benih tanaman selaku tim yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap proses penilaian durian unggul lokal Bangka Belitung.

Karena itu kata Juaidi disiapkan skenario lain untuk mengantisipasi terjadinya perubahan agenda dan waktu. Ia berharap agenda yang telah dibuat nanti betul-betul dapat terlaksana sesuai rencana.

"Kalau memang tidak cukup satu hari maka kita buat dua hari acaranya. Hari pertama di Muntok dan hari kedua di Balai Benih Pertanian. Seandainya pun memang tetap harus satu hari maka launching KUR di Balai Benih Pertanian kita alihkan ke Muntok saja. Jadi seluruh agenda Pak Menteri dilakukan di Muntok," terang Juaidi. 

Juaidi mengatakan kahadiran Mentan SYL nanti sangat penting terlebih terkait dengan rencana pelepasan durian lokal Klamunod menjadi varietas unggul nasional. Kehadiran Mentan SYL diharapkan dapat mempercepat proses pelepasan durian lokal yang banyak memiliki keunggulan tersebut.

"Durian merupakan primadona Bangka Belitung saat ini dan ada satu durian yang bisa mengalahkan durian musang king yaitu durian klamunod. Kita berharap pak Menteri nanti yang me-launching durian klamunod itu menjadi varietas unggul nasional," ujar Juaidi seraya minta semua fasilitas pendukung yang terkait dengan kegiatan tersebut disiapkan segera.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar