Setelah Babar, Hari Ini Giliran Petani dan Penyuluh Berprestasi Bangka Tengah dinilai Tim Provinsi

PANGKALPINANG--Setelah Kabupaten Bangka Barat (Babar), Tim Penilai Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengunjungi penyuluh, kelompok tani dan BPP (Balai Penyuluh Pertanian) berprestasi yang diusulkan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (09/09/2021) hari ini.

Bangka Tengah mengusulkan tiga kategori terkait penilaian lomba berprestasi tahun ini, yaitu penyuluh, kelompok tani dan BPP berprestasi. Sedangkan Kabupaten Bangka Barat yang dinilai tim sehari sebelumnya mengusulkan dua kategori, yakni petani dan kelompok tani untuk diikutkan pada lomba tahun 2021, masing-masing Chendra Djajawiguna yang beralamat di Kelurahan  Keranggan Kecamatan Muntok untuk kategori petani berprestasi dan KWT Perkasa Desa Air Puteh Kecamatan Muntok untuk kelompok tani berprestasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP selaku Ketua Tim Penilai Provinsi mengatakan penilaian yang dilakukan terhadap petani dan kelembagaan petani tersebut merupakan salah satu bentuk motivasi untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas dalam mengelola usaha tani. Melalui penilaian tersebut para petani diharapkan terdorong untuk meningkatkan produktivitas usaha taninya ke depan dan penyuluh pertanian termotivasi untuk terus meningkatkan kemampuan diri.

"Dengan adanya penilaian ini diharapkan kinerja dan produktifitas petani terus meningkat," kata Juaidi melalui rilis yang disampaikan Kontributor Berita Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian kepada redaksi distan.babelprov.go.id, Rabu (08/09/2021) malam.

Selain Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka, tim penilai juga melibatkan Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian Ir Kemas Arfani Rahman, para kepala seksi lingkup Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian serta tiga penyuluh pertanian senior yang menjabat koordinator penyuluh pertanian provinsi di Wilayah Satu (Pangkalpinang, Bangka, Bangka Barat) Priyono SP, Koordinator Wilayah Dua (Bangka Tengah dan Bangka Selatan) Haryanto SP dan Koordinator Wilayah Tiga (Belitung dan Belitung Timur) Nuridah SP.

"Hari Jumat besok tim akan menilai di Kabupaten Bangka yang mengusulkan kelompok tani dan BPP Berprestasi. Jadi hanya ada tiga kabupaten untuk tahun ini," kata salah satu anggota Tim Penilai Nuridah SP.

Nuridah menambahkan petani dan kelembagaan petani yang diusulkan tiga kabupaten tersebut merupakan petani dan kelembagaan petani yang terbaik di daerahnya. Mereka yang menang di tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendapatkan penghargaan dan diundang pada peringatan hari jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun ini.

"Yang mewakili untuk tahun ini karena (masih) Pandemi Covid-18 maka hanya sampai tingkat propinsi dan akan diundang di HUT Babel pada bulan November mendatang," tandas Nuridah.*

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian
Editor: 
Hairil Anwar