Wakili Gubernur, Yanuar Buka Musrenbang Pertanian di Hotel Santika

PANGKALPINANG—Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021 resmi dbuka, Selasa (10/3/2020) pagi. Kegiatan rutin tahunan yang dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yanuar SH MH itu dijadwalkan selama dua hari hingga Rabu (11/3/2020) besok.

Sejumlah pejabat terkait hadir pada acara pembukaan Musrenbang yang mengusung tema Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern untuk Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Kesejahteraan Petani tersebut, diantaranya adalah Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Barat Ir Megawati, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Drh Suhadi MM, Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang, Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr Suharyanto, Perwakilan Korem 045 Garuda Jaya  serta sejumlah perwakilan dari Perguruan Tinggi dan BUMN.

Ketua Panitia Pelaksana Musrenbang Pertanian Erwin Krisnawinata STP MSi mengatakan Musrenbang Pertanian Tahun 2021 merupakan rangkaian siklus perencanaan penyusunan program dan kegiatan sektor pertanian tahun 2021 dalam rangka membahas konsep dan penjabaran kegiatan prioritas yang akan dilaksanakan melalui pendekatan berbasis kawasan.

“Hasil kesepakatan Musrenbang Pertanian ini selanjutnya akan diinput ke dalam aplikasi E-Proposal Kementerian Pertanian Tahun 2021,” kata Erwin.

Sementara itu Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yanuar SH MH ketika membuka Musrenbang Pertanian mengatakan pembangunan sektor pertanian sejalan dengan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang tertuang dalam RPJMD Tahun 2017 – 2022.

“Tujuan pembangunan daerah adalah meningkatnya peetumbuhan ekonomi dan khususnya pada sektor pertanian yaitu meningkatnya produksi melalui strategi dan arah kebijakan,” kata Yanuar mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM.

Karena itu Yanuar menyampaikan apresiasi atas dukungan Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mendukung arah pembangunan daerah melalui program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini.

“Kita berharap melalui Musrenbang Pertanian ini dapat menghasilkan, menciptakan program dan kegiatan yang benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas,” tandas Yanuar.*)

Sumber: 
SEKRETARIAT DINAS PERTANIAN
Penulis: 
Han Arifin
Fotografer: 
Han Arifin
Editor: 
Han Arifin