Wakili Juaidi, Kemas Arfani Sampaikan Program Dinas Pertanian Babel Melalui RRI Sungailiat

BANGKA—Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP melalui Kepala Bidang Penyuluhan Ir Kemas Arfani Rahman menyampaikan sejumlah program yang menjadi fokus Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui RRI Sungailiat, Senin (05/07/2021) malam.

Fokus program yang disampaikan Kemas Arfani melalui radio milik pemerintah tersebut terkait dengan kebijakan pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di era pandemic covid-19 yang sekarang masih mewabah di tanah air termasuk di Negeri Serumpun Sebalai.

Menurut Kemas ada tiga fokus program yang menjadi tugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan saat ini, diantaranya adalah yang terkait dengan ketersediaan pemenuhan kebutuhan pangan.

“Kemudian fokus yang kedua terkait dengan kesejahteraan petani dan yang ketiga terkait dengan pola kemitraan,” kata Kemas yang hadir di RRI mewakili Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP yang pada saat bersamaan tengah mendampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM kunjungan kerja ke Pulau Belitung.

Dijelaskan Kemas ketiga program yang ia sebutkan itu telah dan sedang dikerjakan saat ini. Ia mencontohkan kegiatan ketersediaan pemenuhan kebutuhan pangan misalnya yang telah disiapkan berbagai sarana produksi dalam rangka mendukung usaha tani di tingkat lapang.

“Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sudah menyiapkan banyak bantuan-bantuan dalam rangka optimalisasi lahan sawah dan kemudian juga lahan padi ladang. Sudah disiapkan bantuan-bantuan baik itu berupa benih, pupuk dan lain-lain yang dialokasikan pada sentra padi sawah dan ladang. Untuk ketahanan pangan ada yang Nnmanya lumbung pangan pemanfaatan pekarangan, Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) itu juga sudah disiapkan jika terjadi sesuatu hal yang mendesak maka ada cadangan 87 ton beras siap salur. Kalau lumbung pangan disiapkan bangunan yang senilai sekitar 60 juta,,” jelas Kemas.

Selain padi sambung Kemas juga terdapat kegiatan bantuan benih kedelai, jagung dan singkong. Menurutnya kegiatan-kegiatan tersebut disebarkan pada kabupaten dan kota dalam wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.     

“Seperti jagung sudah disalurkan malahan masih ada sisa alokasi yang masih bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani seluas 471 hektar. Begitu juga dengan kedelai yang ditargetkan seluas 2000 hektar tapi dari CPCL baru siapnya 500 hektar. Ini masih menjadi peluang bagi poktan untuk memanfaatkannya. Kemudian terkait dengan peternakan pada tahun 2020 sudah disalurkan bantuan melalui Program Sikomandan (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) sebanyak 130 ekor sapi,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat tersebut.

Terkait kesejahteraan petani Kemas mengatakan dapat diukur dari tingginya Nilai Tukar Petani (NTP).

“NTP kita di Babel tertinggi se Indonesia. Artinya di era pandemic Covid-19 ini petani kita justru jadi pahlawan dalam rangka menjaga stabilitas kecukupan pangan. Sehingga dari sisi perekonomian petani kita justru diuntungkan akibat kondisi pandemic ini. Kita lihat harga lada naik, sawit dan karet juga naik cukup signifikan juga komoditi lain seperti cabe dan bawang,” jelas Kemas seraya menandaskan pemerintah juga focus membantu petani dalam membangun kemitraan usaha dengan pihak ketiga.

“Kita sudah melakukan pola kemitraan dengan berbagai pihak seperti off taker, perbankan terkait dengan penyediaan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Nah, kita sendiri memberikan peluang kepada off taker dan perbankan yang terkait dengan jenis dan komoditas apa yang bisa diusahakan oleh petani. Sekarang kan sudah ada KUR porang, KUR jahe merah, KUR domba dan lain-lain,” tandas mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka itu*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang Penyuluhan
Editor: 
Hairil Anwar