Wakili Kepala DPKP Babel, Kasi Hortikultura Dampingi Wabup Bateng Panen Raya Cabai Merah di Lubuk Besar

BANGKA TENGAH—Wakil Bupati (Wabup) Bangka Tengah (Bateng) Herry Erfian melakukan panen raya cabai merah di Desa Lubuk Besar Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah, Senin (12/04/2021). Turut serta mendampingi Wabup sejumlah pejabat terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah termasuk Kepala Seksi Hortikultura Bidang TPH pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maryadi SE MSi yang hadir mewakili Kepala DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP.

Cabai merah yang dipanen Wabup berlokasi di Kelompok Tani Lubuk Jaya Sejahtera. Selain panen cabai, Wabup juga menyerahkan bantuan kegiatan pengembangan tanaman cabai merah tahun 2021.  

Dalam sambutannya, Wabup Bangka Tengah Herry Erfian mengatakan bahwa sector pertanian menjadi salah satu sector yang tetap bertahan sekaligus sebagai sector utama pendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Pertumbuhan sub sector hortikultura di Kabupaten Bangka Tengah terkhususnya cabai merah mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan nilai tukar petani hortikultura dan pertumbuhan sector pertanian di tengah imbas pandemic covid-19,” kata Wabup.

Sementara itu Kepala Seksi Hortikultura Bidang TPH Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maryadi SE MSi minta para petani untuk dapat mengatur jadwal tanam sesuai dengan musim dan komoditas yang diusahakan.
“Jadi petani harus bisa menghitung kapan saat yang tepat untuk tanam. Harus dijadwalkan,” kata Maryadi seizin Kepala Bidang Tanaman dan Hortikultura Irman Hasan SP yang hadir mewakili Kepala DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP.

Maryadi berharap komoditas cabai dapat menjadi salah komoditas alternatif bagi petani di tengah sebaran pandemic covid-19 saat ini.

“Tanaman cabai ini bisa dijadikan alternatif mata pencaharian. Jadi para petani tidak bertumpu pada komoditas tertentu semata, seperti sawit, karet atau pun lada,” tandas Maryadi.*)

Sumber: 
DPKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi/Istimewa
Editor: 
Hairil Anwar