Musrenbang di Tengah Pandemi, Usulan Kegiatan Pertanian Babel Tahun Depan dibahas Secara Daring

PANGKALPINANG—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Distan Babel) mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pertanian Nasional untuk Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian secara virtual, Kamis (15/07/2021) kemarin. Dengan mempertimbangkan kondisi pademi covid-19 yang masih mewabah di ibu kota, pelaksanaan musrenbang tersebut dilakukan secara online melalui video conference menggunakan aplikasi zoom dari masing-masing ruangan desk Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kawasan Komplek Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung – Jalan Pulau Pongok Kelurahan Air Itam Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang.  

Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erwin Krisnawinata STP MSi mengatakan musrenbang pertanian nasional tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan Kementerian Pertanian dalam rangka mensinkronkan antara rancangan kegiatan yang dibuat daerah dengan rencana kerja (renja) Kementerian Pertanian di tahun depan.

“Jadi bagian-bagian dari timeline yang sudah ditetapkan itu harus kita ikuti untuk kemudian sama-sama menyepakati rancangan-rancangan yang telah dibuat,” kata Erwin kepada distan.babelprov.go.id di ruang kerjanya, Kamis (15/07/2021).

Dijelaskan Erwin pandemi covid-19 yang masih mewabah hingga berdampak pada keuangan negara saat ini memaksa sejumlah rancangan kegiatan yang telah disusun sebelumnya dipangkas. Menurutnya anggaran untuk pelaksanaan kegiatan nanti akan disesuaikan dengan rencana kerja pusat yang menjadi prioritas.

“Itu yang harus kita pahami karena masih pandemi covid-19 ini dimana penganggaran alokasi Kementerian Pertanian yang sebelumnya hampir 21 triliun rupiah turun menjadi 14 triliun. Akibatnya tentu membuat beberapa kegiatan yang sudah dialokasikan sebelumnya di rakortek terpakasa dipangkas atau dihapus,” jelas mantan Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu.

Sebelumnya Koordinator Fungsional Perencana Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ardiles Akbar SP MSi mengatakan Musrenbang Pertanian Nasional tesrebut telah dimulai sejak tanggal 14 Juli 2021. Sesuai jadwal, usulan kegiatan untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibahas satu hari sesudah pembukaan.

“Jadwal pembahasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tanggal 15 Juli 2021. Pembahasan dibagi menjadi tujuh desk, yaitu desk tanaman pangan, hortikultura, prasarana dan sarana pertanian, perkebunan, peternakan dan Kesehatan hewan, penyuluhan dan desk ketahanan pangan. Pembahasannya dimulai serentak pukul empat sore dilaksanakan secara online dengan beda kode zoom,” kata Ardiles kepada distan.babelprov.go.id di sela-sela mengikuti pelaksanaan musrenbang pertanian nasional di sejumlah ruangan.

Dijelaskan Ardiles pelaksanaan musrenbang pertanian tersebut berjalan lancar tanpa hambatan. Jumlah kegiatan dan anggaran yang diusulkan pun sangat banyak sesuai dengan dengan usulan kabupaten dan kota serta provinsi.

“Jadi dana yang dibahas ini adalah dana tujuh kabupaten kota plus provinsi Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi e-musrenbangtan. Aplikasi ini adalah aplikasi yang merangkum sandingan antara e-proposal yang telah diajukan dengan renja pusat. Jadi proses musrenbang ini sebetulnya telah dimulai sebelum pembukaan minggu kemarin untuk tagging atau penandaan apabila ada perbedaan antara usulan kita di e-proposal dengan renja pusat,” tandas magister perencanaan wilayah lulusan Institut Pertanian Bogor ini.

Pantauan distan.babelprov.go.id, hingga Kamis (15/07/2021) malam pembahasan usulan kegiatan masih berjalan di sejumlah desk. Bahkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP ikut memantau pelaksanaan pembahasan tersebut dengan mengunjungi sejumlah ruangan desk.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi Sub Bagian Perencanaan
Editor: 
Hairil Anwar