Pastikan Kesehatan Daging Kurban, Besok Tim Keswan Babel disebar ke Kabupaten Kota

PANGKALPINANG—Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menurunkan tim Kesehatan hewan (keswan) untuk mengawal kegiatan pemotongan hewan kurban di sejumlah masjid dan musholla serta tempat-tempat pemotongan lain dalam beberapa wilayah kabupaten dan kota, Selasa (20/07/20210 besok.

Tim yang beranggotakan dokter hewan, pejabat fungsional pengawas bibit ternak, Medik Veteriner dan Paramedik Veteriner itu disebar untuk memastikan kesehatan hewan kurban, proses pemotongan serta kegiatan pembagian daging kurban sesuai protocol kesehatan.

“Apalagi saat ini masih pendemi covid-19. Karena itu perlu dilakukan pengawasan terhadap proses pemotongan hewan kurban,” kata Koordinator Fungsional Pengawas Bibit Ternak  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dody Novianto SPt MM kepada distan.babelprov.go.id usai mengikuti rapat koordinasi Pengawasan Pemotongan Hewan Kurban dalam rangka Perayaan Idul Adha Tahun 2021 di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Senin (19/07/2021).

Rapat koordinasi yang dipimpin Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Hj Nurhayati itu dihadiri Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Drh Endah Sukaisih serta para pejabat fungsional terkait.

Dijelaskan Dody tim keswan yang bertugas mengawasi proses pemotongan hewan kurban akan disebar pada sejumlah lokasi. Selain Kesehatan hewan, mereka juga diminta untuk memastikan proses pembagian daging hewan kurban nanti mengikuti protocol Kesehatan.

“Untuk menghindari kerumunan, panitia kurban dihimbau mengantarkan langsung daging kurban tersebut langsug ke warga yang menerima. Kita ingin menghindari kerumunan untuk memutus rantai penyebaran covid-19,” ujar Dody yang juga menjabat Pelaksana Tugas Kepala Seksi Benih/Bibit dan Produksi Peternakan tersebut.

Terkait dengan tim yang bertugas, Dody mengatakan tak cuma pihak provinsi melainkan juga akan melibatkan tim Kesehatan hewan dari kabupaten dan kota. Tim tersebut juga ditugaskan untuk mengawasi proses pemotongan hewan kurban bantuan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin.

“Nanti kami melebur dengan tim dari kabupaten dan kota. Selain itu untuk tahun ini juga ada sapi kurban bantuan dari bapak presiden dan bapak wakil presiden. Sapi bapak presiden akan dipotong di Masjid Jamik Belinyu sedangkan sapi dari bapak wakil presiden dipotong di salah satu pesantren di Selindung Kota Pangkalpinang. Sapi dari Pak Presiden beratnya sekitar 1,2 ton dan sapi dari Pak Wakil Presiden beratnya sekitar 1 ton. Kedua sapi itu jenis Si Mental dan berumur enam tahun,” tandas Dody yang juga dipercaya sebagai Ketua Ikatan Sarjana Peternakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Dokumentasi Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan
Editor: 
Hairil Anwar