Harga TBS Kelapa Sawit Naik Lagi Bulan Ini, Capai Rp 2.585 Per Kilogram

PANGKALPINANG—Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menaikkan harga beli TBS untuk bulan ini. Kenaikan harga tersebut diputuskan melalui rapat yang digelar di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (11/10/2021) hari ini.

Berita acara hasil rapat yang dterima redaksi distan.babelprov.go.id menyebutkan kenaikan harga TBS tersebut terjadi pada semua kelompok umur tanaman. Pada kelompok umur tanaman sepuluh hingga dua puluh tahun misalnya, harga TBS ditetapkan sebesar Rp 2.585 per kilogram lebih tinggi dibandingkan bulan September yang hanya Rp 2.527. Begitu juga untuk kelompok umur tanaman tiga dan empat tahun juga mengalami kenaikan masing-masing dengan kisaran Rp 2.140 dan Rp 2.220 per kilogram.

“Umur kelapa sawit lima tahun harga TBS Rp 2.302 per kilogram,” tulis berita acara yang ditandatangani Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP itu.

Berita acara yang ditandatangani tanggal 11 Oktober 2021 itu juga menetapkan harga TBS untuk kelompok umur enam dan tujuh tahun masing-masing sebesar Rp 2.390 dan Rp 2.514 per kilogram. Sementara untuk kelompok umur tanaman delapan dan sembilan tahun masing-masing Rp 2.558 dan Rp 2.564 per kilogram.

Harga TBS kelapa sawit tersebut ditetapkan tim dengan memperhatikan informasi dan data yang disampaikan sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ditunjuk sebagai sumber data. Ada empat belas perusahaan perkebunan kelapa sawit yang dijadikan sumber data dalam rangka menetapkan harga pembelian TBS kelapa sawit bulan ini.

"“Harga TBS ini berlaku surut dari tanggal 01 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2021,” tutup berita acara tersebut.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
finance.detik.com
Editor: 
Hairil Anwar