Monitor PATB Secara Online, Kementan Sosialisasikan E-Reporting Poligon di Bangka Belitung

BANGKA BARAT – Direktorat Serealia Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian melakukan Sosialisasi E-Reporting Poligon bagi penyuluh pertanian pada beberapa kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Kegiatan yang digelar marathon secara bergantian di sejumlah Balai Penyuluh Pertanian (BPP) sejak sepekan yang lalu itu dilakukan untuk memotret lokasi bantuan Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) beserta titik koordinatnya.

"Sehingga ketika pusat mau mengetahui lokasi PATB di tempat kita mereka cukup membuka aplikasi ini dan akan tergambar semuanya," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Irman Hasan SP ketika membuka Sosialisasi E-Reporting Poligon di BPP Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, Selasa (09/11/2021).

E-Reporting Poligon merupakan sistem digitasi peta poligon melalui foto open camera. Di dalamnya  memuat perhitungan dan pelaporan luas lahan pertanian. Aplikasi E-Reporting terintegrasi dengan Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simluhtan) sehingga proses pemetaan luas wilayah pertanian terhubung dengan data kelompok tani di Simluhtan. Data aplikasi berbasis spasial atau poligon ini akan termonitor secara online.

"Aplikasi ini sangat efektif dan sederhana tapi manfaatnya luar biasa," ujar Irman.

Irman mengatakan pemetaan poligon luas lahan pertanian dengan aplikasi E-Reporting tersebut sangat membantu dalam rangka penyediaan informasi di lapangan. Karena itu ia minta para penyuluh pertanian dapat mengoperasikan aplikasi tersebut sesuai dengan pentunjuk yang diberikan.

"Setelah sosialisai ini diharapkan digitasi poligon untuk lokasi PATB di Kabupaten Bangka Barat dapat diselesaikan," ujar Irman.

Sementara itu Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kardi SP selaku Pejabat Pembuat Komitmen Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan sosialisasi pemetaan poligon menggunakan aplikasi E-Reporting tersebut dilaksanakan secara bergantian di kabupaten yang mendapatkan bantuan PATB. 

"Di Bangka Belitung ada 5000 hektar PATB untuk komoditi padi. Dengan aplikasi ini pusat dapat mengetahui lokasi dan titik koordinat bantuan di daerah kita," kata Kardi.

Sosialisasi E-Reporting Poligon tersebut diikuti para penyuluh pertanian dari beberapa wilayah kerja. Tak saja penyuluh yang mendapat bantuan PATB namun penyuluh yang wilayahnya tidak memperoleh bantuan pun juga ikut kegiatan sosialisasi tersebut.

Turut hadir Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat Aryanto STP dan Koordinator Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangka Barat Yudi Alrianto SP.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar