Peringatan Hari Pangan Sedunia 2021, Sabuk Amang Menggema di Bangka Barat

BANGKA BARAT – Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2021 yang diselenggarakan Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kawasan Parkir Timur Kantor Bupati Bangka Barat di Muntok sukses digelar, Selasa (19/10/2021) hari ini.

Kegiatan yang dirangkai dengan Gerakan Makan Sayuran, Buah-Buahan, Umbi-Umbian, Kacang-Kacangan dan Ayam Merawang (Gema Sabuk Amang) tersebut dibuka langsung Bupati Bangka Barat H Sukirman SH didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP.

Bupati Bangka Barat H Sukirman SH mengapresiasi kegiatan yang tersebut. Ia mengatakan pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi kelangsungan hidup manusia.

“Oleh sebab itu pangan ditetapkan sebagai bagian dari hak azasi manusia,” kata Sukirman.

Karena itu Sukirman minta HPS digelar rutin setiap tahun. Namun Ia berharap kegiatan tersebut tidak sebatas seremonial semata.  

“Ini acara yang cukup indah dan kami berharap acara ini tidak sekadar memenuhi tuntutan dengan penggunaan anggaran,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Juaidi Rusli SP MP mengatakan ketahanan pangan menjadi salah satu isu global yang sering dibicarakan pada forum dunia. Karena itu ia mengajak stakeholders terkait untuk mendukung isu tersebut dengan memanfaatkan sumber daya pangan lokal yang banyak tersedia di negeri ini.

“Gerakan ini merupakan bagian dari rencana aksi yang sudah digaungkan oleh pemerintah pusat bahkan dunia karena isu dunia sekarang ini kita ketahui salah satunya adalah pangan, kedua air dan ketiga energi. Nah, ini menjadi suatu prioritas besar dunia dan kita harus mengambil bagian dalam memperkuat ketahanan pangan di Negara kita ini khususnya di Bangka Belitung,” kata Juaidi.

Namun tambah Juaidi pangan yang sehat harus memenuhi sejumlah kriteria. Selain beragam, pangan juga harus bergizi, seimbang dan aman.

“Jadi tidak saja dari aspek jumlah atau kuantitas tapi harus dengan kualitas pangan yang baik serta memenuhi kriteria B2SA atau beragam, bergizi seimbang dan aman,” tandas Juaidi.*)

Sumber: 
Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
Penulis: 
Hairil Anwar
Fotografer: 
Hairil Anwar
Editor: 
Hairil Anwar